Islam Mosque 2 Menggapai Taubatan Nasuha: Hadits Arbain An-Nawawi ke-19 (Wasiat Rasulullah pada Ibnu Abbas untuk Minta Tolong dan Berlindung pada Allah)

21 Maret 2013

Hadits Arbain An-Nawawi ke-19 (Wasiat Rasulullah pada Ibnu Abbas untuk Minta Tolong dan Berlindung pada Allah)

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
            Arba'in adalah salah satu kitab Imam An-Nawawi yang paling terkenal. Kitab ini berisi 42 hadits Rasulullah SAW yang sangat bermakna dan cocok dijadikan pegangan hidup umat muslim. Untuk mendownload Hadits Arba'in An-Nawawi KLIK DISINI (CHM) atau KLIK DISINI (PDF)

         Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas hadits ke-19. Hadits ini disampaikan oleh Rasulullah pada Ibnu Abbas yang saat itu masih kecil. Rasulullah berpesan pada Ibnu Abbas untuk minta tolong dan berlindung bagi Allah semata. Hadits mengajarkan bahwa jika hamba mengingat Allah di waktu mendapat kesenangan, maka Allah akan membantunya di waktu mendapat kesusahan. Hadits ini juga mengingatkan untuk beriman kepada takdir yang telah Allah tetapkan.
.

عن أبي العباس عبدالله بن عباس رضي الله عنه قال كنت خلف النبي صلى الله عليه وسلم يوماً فقال " يا غلام , إني أعلمك كلمات : احفظ الله يحفظك , احفظ الله تجده تجاهك , إذا سألت فاسأل الله وإذا استعنت فاستعن بالله , واعلم أن الأمة لو اجتمعت على أن ينفعوك بشيء لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك , وإن اجتمعوا على أن يضروك بشيء لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك , رفعت الأقلام وجفت الصحف " رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح وفي رواية غير الترمذي : احفظ الله تجده أمامك , تعرف إلى الله في الرخاء يعرفك في الشدة , واعلم أن ما أخطأك لم يكن ليصيبك وما أصابك لك يكن ليخطئك , واعلم أن النصر مع الصبر , وأن الفرج مع الكرب , وأن مع العسر يسراً
Dari Abu Al ‘Abbas, ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu anhu, ia berkata : Pada suatu hari saya pernah berada di belakang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau bersabda : "Wahai anak muda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat : Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjaga kamu. Jagalah Allah, niscaya kamu akan mendapati Dia di hadapanmu. Jika kamu minta, mintalah kepada Allah. Jika kamu minta tolong, mintalah tolong juga kepada Allah. Ketahuilah, sekiranya semua umat berkumpul untuk memberikan kepadamu sesuatu keuntungan, maka hal itu tidak akan kamu peroleh selain dari apa yang sudah Allah tetapkan untuk dirimu. Sekiranya mereka pun berkumpul untuk melakukan sesuatu yang membahayakan kamu, niscaya tidak akan membahayakan kamu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Segenap pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering." (HR. Tirmidzi, ia telah berkata : Hadits ini hasan, pada lafazh lain hasan shahih. Dalam riwayat selain Tirmidzi (HR. Ahmad, Abu daud dan Ibnu Majah yang dishahihkan oleh Al-Albani) : “Hendaklah kamu selalu mengingat Allah, pasti kamu mendapati-Nya di hadapanmu. Hendaklah kamu mengingat Allah di waktu lapang (senang), niscaya Allah akan mengingat kamu di waktu sempit (susah). Ketahuilah bahwa apa yang semestinya tidak menimpa kamu, tidak akan menimpamu, dan apa yang semestinya menimpamu tidak akan terhindar darimu. Ketahuilah sesungguhnya kemenangan menyertai kesabaran dan sesungguhnya kesenangan menyertai kesusahan dan kesulitan”)

Kandungan Hadits :
1. Perhatian Rasulullah shallallahuàlaihi wa sallam dalam mengarahkan umatnya serta menyiapkan generasi mu’min idaman. 
2. Termasuk adab pengajaran adalah menarik perhatian pelajar agar timbul keinginannya terhadap pengetahuan sehingga hal tersebut lebih terkesan dalam dirinya. 
3. Siapa yang konsekuen melaksanakan perintah-perintah Allah, nicsaya Allah akan menjaganya di
dunia dan akhirat.
4. Beramal saleh serta melaksanakan perintah Allah dapat menolak bencana dan mengeluarkan
seseorang dari kesulitan. 
5. Tidak mengarahkan permintaan apapun (yang tidak dapat dilakukan makhluk) selain kepada Allah
semata.
6. Manusia tidak akan mengalami musibah kecuali berdasarkan ketetapan Allah ta’ala. 
7. Menghormati waktu dan menggunakannya untuk sesuatu yang bermanfaat sebagaimana Rasulullah
shallallahuàlaihi wa sallam memanfaatkan waktunya saat beliau berkendaraan.

Murajaah: DR. Muh. Mu'inudinillah Bashri & Maerwandi Tarmizi
Penerjemah: Abdullah Haidhir
Ingin download 42 Arba'in An-Nawawi?
KLIK DISINI (CHM) atau KLIK DISINI (PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar